Trik Jaga Keselamatan Dari Sengatan Listrik Ketika Memakai Genset

Trik Jaga Keselamatan Dari Sengatan Listrik Ketika Memakai Genset

Jual Genset – Listrik menjadi kebutuhan pokok, bahkan konsumsi listrik tanpa kita sadari sebelumnya jauh lebih besar daripada konsumsi pangan dan sandang. Kita masih bisa menahan lapar tapi tidak pernah bisa lepas dari listrik, kita juga masih bisa hidup tanpa membeli baju baru, namun tidak bisa hidup dengan baik sehari saja bila PLN memadamkan listrik.

Ketika PLN rutin melakukan pemadaman listrik bergilir di Indonesia, konsumsi mesin genset mengalami peningkatan, alasannya karena mayoritas masyarakat Indonesia, menggantungkan hidup dengan listrik, dan mesin genset dinilai efektif untuk mengatasi pemadaman listrik PLN.

Sayangnya, belakangan ini banyak kasus yang kurang menyenangkan akibat dari pemakaian mesin genset, entah itu terjadi kebakaran karena mesin genset meledak, atau keracunan asap dari mesin genset.

Hindari dan cegah sengatan listrik dari mesin genset dengan mengikuti tips berikut ini:

  • Menambahkan Isolator Serta Radiator Pada Mesin Genset

Ketika terjadi kebocoran listrik di mesin genset, listrik akan mengalir keluar lalu berdiam diri pada komponen juga body genset yakni konduktor atau penghantar listrik jadi disaat kita menyentuhnya otomatis listrik besar akan berpindah dan mengakibatkan setruman. Namun disaat tidak ada kebocoran listrik, tentunya bagian terluar dari mesin genset akan aman-aman saja untuk kita sentuh. Sayangnya aliran listrik bocok tidak terlihat oleh mata telanjang jadi untuk mengantisipasinya, kita hanya perlu menambahkan isolator di bagian genset terutama komponen yang sering kita sentuh. Isolator ini dapat berupa lapisan plastic yang ditempatkan di body genset.

  • Menambahkan Base Frame

Selain menggunakan lapisan plastic kaku, cegah terjadinya setruman listrik dengan cara menambahkan konduktor yang akan menghubungkan body generator dengan base frame. Ketika terjadi kebocoran listrik di mesin genset, listrik tidak menyebar pada bagian lainnya namun langsung menuju konduktor lalu dialirkan langsung ke base frame, hal ini secara otomatis akan membantu mencegah aliran listrik meluas sehingga pengguna mesin tidak akan tersengat listrik. Untuk menambahkan komponen ini kamu harus menyerahkannya pada orang yang ahli dan sudah berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *