5 Tips Bagi Wanita Hamil Supaya Bisa Nyaman Berpuasa

Banyak orang yang mempertanyakan, bolehkah ibu hamil berpuasa? Pada dasarnya, puasa untuk ibu hamil hukumnya sunnah. Artinya, ibu hamil akan diberikan kelonggaran berupa dua pilihan. Mereka boleh menjalankan ibadah puasa atau meninggalkannya jika memang tak mampu. Berpuasa saat sedang berbadan dua juga dinilai tidak akan membahayakan janin selama ibu selalu menyantap makanan yang bergizi. Nah, kalau memang merasa kuat dan ingin mencoba berpuasa saat bulan Ramadan, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dulu ke dokter kandungan serta mengikuti beberapa tips di bawah ini.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Saat puasa, tubuh akan kekurangan banyak cairan. Oleh sebab itu, ibu hamil diwajibkan untuk memperbanyak minum air putih agar tidak mengangalami dehidrasi saat siang hari. Normalnya, kebutuhan air minum yang harus dicukupi per harinya adalah 8 gelas, tapi khusus untuk ibu hamil dianjurkan untuk meminumnya lebih dari itu. Kamu dapat membaginya saat sahur dan berbuka. Hindari minuman dingin saat berbuka karena dapat mengurangi kinerja lambung. Kurangi juga minuman manis saat sahur supaya tubuh tidak mudah lemas saat harus berpuasa.

Istirahat yang cukup

Saat berpuasa, cukupkan waktu istirahatmu. Jangan tidur terlalu larut apalagi sampai harus begadang. Kurangi aktivitas selama bulan Ramadan, jangan sampai kamu kelelahan. Setelah pulang tarawih, pastikan untuk tetap istirahat cukup agar bisa bangun sahur tepat waktu. Nah, sebelum tidur, kamu bisa hunting tiket pesawat murah untuk liburan setelah mudik ke kampung halaman.

3. Konsumsi makanan yang bernutrisi

Ibu hamil yang berpuasa memang akan merasa lebih cepat lapar karena gizi yang dibagi ke sang buah hati. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang bernutrisi ketika sahur dan berbuka. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat, seperti gandum utuh, sayuran, dan buah kering wajib dikonsumsi oleh ibu hamil yang ingin berpuasa. Penuhi juga kebutuhan protein dari kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging yang sudah matang.

Batasi makanan yang tinggi lemak dan makanan siap saji karena dapat dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh serta kesehatan ibu dan calon bayi. Berpuasa saat hamil akan terasa lebih ringan jika kamu rutin mengonsumsi madu saat berbuka dan sahur. Madu dipercaya dapat melancarkan buang air besar serta dapat menjaga keseimbangan metabolisme tubuh sehingga kamu tak akan mudah lemas selama berpuasa.

Selain makanan dan buah, ibu hamil juga dianjurkan untuk tetap mengonsumsi susu ibu hamil. Jika biasanya kamu mengonsumsinya pada pagi dan malam hari, gantilah dengan meminumnya saat sahur dan berbuka. Seimbangkan pula dengan vitamin agar tubuh semakin fit selama menjalankan ibadah puasa.

4. Tetap tenang dan hindari stres

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang berpuasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi dibandingkan ibu hamil yang tidak berpuasa. Stres yang dialami ibu hamil tentu dapat memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan ibu dan janinnya. Oleh sebab itu, tetaplah tenang dan hindari stres selama berpuasa. Jauhi hal-hal yang sekiranya dapat membuat ibu hamil menjadi stres.

5. Batalkan puasa jika kondisi tubuh mulai lesu

Ketika merasa lelah tapi tubuh masih sanggup untuk melanjutkan puasa, kamu bisa mencoba untuk rileks dan beristirahat sejenak. Namun, jangan paksakan tubuhmu kalau memang sudah merasa terlalu lemas. Bagaimanapun, ibu hamil harus mewaspadai gejala dari kondisi yang mungkin akan membahayakan janin seperti pusing, mual, dan keringat dingin. Segeralah periksakan diri ke dokter bila mengalami gejala tersebut.

Puasa saat hamil memang dibolehkan, tapi ibu hamil juga tetap harus mementingkan kesehatan ibu serta janin dalam kandungan. Ingat, ini bukan hanya tentang ibu yang kuat berpuasa, tapi juga gizi yang akan tetap tersalurkan pada janin selama berpuasa seharian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *