Cara Merawat Karpet dan Ragam Jenisnya

Cara Merawat Karpet

Sebagai konsumen kita mungkin lebih sering membeli karpet tanpa tahu jenisnya maupun cara merawat karpet yang benar. Nah, untuk menambah wawasan kita tentang hal ini yuk kita mengenal beragam jenis karpet yang ada sekaligus tips perawatannya agar awet dan tahan lama.

Berikut ini bermacam jenis karpet dan cara perawatannya yang sebaiknya anda tahu.

Karpet Wol

Jenis karpet lantai yang satu ini memang dikenal dengan harganya yang lumayan mahal karena memang yang paling nyaman. Dibandingkan jenis lainnya, karpet wol memiliki banyak keunggulan, seperti warnanya yang awet, tidak mudah rusak, lebih nyaman.

Cara Merawat Karpet

Untuk cara membersihkan jika karpet berbahan wol kotor juga relative gampang, tinggal gunakan dry cleaning atau penyedot debu saja.

Karpet Sutra

Jenis karpet sutera memang lebih baik dan lebih nyaman digunakan jika dibandingkan dengan karpet wol. Karpet yang mahal ini juga dikenal dengan teksturnya yang lembut sehingga memberikan kesan yang mewah. Untuk perawatan rutinnya dengan penyedot debu saja sudah cukup.

Karpet Material Polypropylene

Karpet jenis Polypropylene atau PP merupakan jenis karpet yang dibuat dari bahan sintetis namun mempunyai tekstur yang cukup halus. Harganya tentu saja jauh lebih murah dan lebih terjangkau. Hanya saja kekurangan karpet ini benang karpet mudah lepas, warna cepat pudar, daya tahannya kurang bagus. Untuk perawatannya bisa dicuci dengan air.

Karpet Nilon

Karpet nilon lebih mirip dengan jenis Polypropylene yang menggunakan bahan yang sama meskipun setingkat di atas Polypropylene. Yang menarik, karpet nilon menawarkan warna yang lebih beragam dan mencolok sehingga sangat cocok untuk ruangan yang membutuhkan suasana yang terang dan menyolok. Untuk perawatannya juga bisa dengan dicuci.

Karpet Sisal

Karpet sisal mungkin tidak sepopuler jenis lainnya. Yaps karena karpet jenis ini memang dibuat dari tanaman yang memang bernama sisal. Karpet ini juga memiliki tekstur yang lebih kentara sehingga sangat cocok dipasang di rumah yang ingin menam[ilkan kesan alami.

Untuk perawatannya cukup dengan penyedot debu dan sebaiknya jangan dicuci dengan air agar tidak malah rusak.

Demikianlah ulasan tentang cara merawat karpet dan ragam jenisnya yang semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *