Indahnya Memandangi Kota Yogyakarta Saat Malam Hari di Hutan Pinus Pengger

Wisata Murah Jogja Pinus Pengger


Kawasan Jogja dikelilingi oleh pegunungan salah satunya dalah pegunungan sewu yang memberntang sepanjang Bantul hingga Gunung Kidul. Di perbatasan Bantul dan Gunung Kidul terdapat banyak sekali hutan pinus yang sebagian besar dikelola olah perhutani. Saat ini dengan maraknya wisata alam di Jogja membuat hutan-hutan pinus tersebut disulap menjadi sebuah kawasan wisata yang menarik perhatian banyak orang. Kawasan yang semulanyya sepi sekarang berlahan mulai ramai oleh kegiatan para wisatawan.

Terdapat banyak  hutan pinus di kawasan ini seperti Hutan Pinus Manungan, Hutan Pinus Becici dan yang sedang populer adalah Hutan Pinus Pengger. Kesemua hutan pinus tersebut menawarkan pesona alam yang alami dan asri tentu saja dengan udara segar dan pemandangan alam yang mempesona. Di Pengger pengunjung dapat berjalan kaki memasuki hutan yang dipenuhi pohon pinus nan tinggi dengan rantingnya yang rimbun. Di beberapa lokasi terdapat wahana atau istalasi yang unik dan menarik yang bisa digunakan untuk kegiatan foto selfie atau swafoto.

Waktu terbaik saat datang ke Hutan Pinus Pengger adalah saat sore hari dimana wisatawan bisa menikmati suasana hutan yang teduh. Selain itu mereka juga bisa melihat matahari tenggelam karena posisi dari hutan ini yang menghadap ke arah barat. Saat malam tiba pemandangan dari Kota Jogja akan tampak indah dari atas bukit ini. Kelap kelip lampu kota akan menambah keromantisan saat berada di objek wisata ini. Oleh sebab itu banyak sekali wisatawan yang rela berwisata di hutan pinus ini hingga malam hari karena ingin menikmati pemandangan yang luar biasa tersebut.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger berada di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Dari kawasan Kota Yogyakarta, diperlukan waktu sekitar 45 menit memakai kendaraan pribadi. Untuk wisatawan yang datang dalam rombongan besar dapat rental bus wisata Jogja murah dan nyaman.

Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Tiket masuk ke hutan pinus ini murah yakni hanya Rp 2.500 per orang. Selain itu ada juga biaya untuk parkir, parkir motor dikenai biaya Rp 2.000, parkir mobil Rp 5.000 dan parkir bis Rp 20.000.

Tips Wisata Hutan Pinus Pengger:

  1. Pakai busana yang nyaman untuk kegiatan luar ruangan di malam hari.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk karena jalan setapak di lokasi ini tidak rata.
  3. Isi Hp atau kamera hingga penuh agar puas berfoto di kawasan ini.
  4. Jagalah kebersihan kawasan hutan pinus.
  5. Jangan merusak fasilitas yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *