Interactive Whiteboard untuk Pembelajaran Proaktif

Para pembuat keputusan di sektor pendidikan dan pendidik telah mencari cara untuk membuat pendidikan menjadi lebih menarik, interaktif, sederhana dan komprehensif untuk para siswa. Teknologi selalu terbukti sebagai pendukung sejati dalam peningkatan kualitas pendidikan. Teknik-teknik canggih membuat pengalaman belajar mengajar menjadi luar biasa. Dari waktu ke waktu, metode pengajaran terus ditingkatkan dengan menggunakan alat yang lebih baik, yang juga dilengkapi dengan teknologi canggih.

Interactive whiteboard adalah layar besar dengan fitur sentuh yang sensitif yang muncul sebagai alat inovatif dalam pendidikan dan direkomendasikan oleh para pendidik di sekolah dan perguruan tinggi. Perangkat ini bisa terhubung ke proyektor digital dan komputer. Layar raksasa interactive whiteboard menjadi hidup ketika dihubungkan ke komputer. Ini berbeda dari papan tulis tradisional di kelas; karena dilengkapi dengan perangkat lunak tertentu, fitur dan alat yang memungkinkan guru untuk menggunakannya secara cerdas sehingga membuat pengajaran di kelas jadi menarik. Perangkat lunak tertentu memungkinkan pengguna untuk menyentuh atau mengetuk untuk menarik menu, menyorot teks, dan memindahkan, membuka atau menyimpan file. Bahkan pengguna dapat melingkari bagian yang relevan pada gambar yang diproyeksikan, menggambar angka geometris, dan menggarisbawahi atau menyoroti masalah tersebut. Layar dapat disimpan untuk penggunaan di masa mendatang yang dapat dikirim kemudian melalui email atau dapat diambil sebagai hasil cetak atau dapat diunduh melalui server.

Interactive whiteboard akan menghemat waktu penggunanya karena papan tulis ini memungkinkan guru untuk bekerja langsung di papan tulis. Sementara dengan proyektor biasa, guru mengajar pelajaran dengan bantuan papan tulis tradisional di mana guru perlu kembali ke meja komputer untuk memasukkan bahan studi yang nantinya diproyeksikan di atas papan tulis.

interactive whiteboard

Bahkan siswa memiliki lebih banyak waktu untuk berinteraksi dan mengeksplorasi sebuah topik karena mereka tidak perlu menyalin materi tertulis, di papan tulis, dan catatan dari papan tulis karena layar dapat disimpan dengan beberapa opsi. Itulah sebabnya interactive whiteboard juga disebut smart board karena kita dapat melakukan pekerjaan dengan cerdas. Kita tidak hanya menghemat waktu kita yang berharga tetapi juga energi kita. Guru harus siap dengan bahan yang perlu diskusikan di kelas. Dia harus sangat paham teknologi untuk menggunakannya. Interactive whiteboard meninggalkan dampak yang lebih kuat dan lebih dalam pada orang-orang sebagai sumber pengajaran yang nyaman. Perangkat ini telah memberikan cara baru dalam metodologi pengajaran.

Proses belajar menjadi menarik dan siswa menjadi lebih aktif saat mengeksplorasi topik di kelas daripada hanya duduk menyalin tulisan dari papan tulis. Perangkat ini adalah alat inovatif untuk proses pembelajaran. Oleh karenanya, guru dapat menggunakan teknologi inovatif ini sebagai alat untuk pembelajaran proaktif. Melotronic.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *