Jadwal Siaran TV – Bagaimana Memproduksi Siaran TV?

Membuat TV, merupakan tren baru di kalangan media di Indonesia. Terutama setelah SIUPP dipermudah, dan pembatasan stasiun dihapuskan, pula sudah ada UU Penyiaran, yang akan menjadikan masyarakat bisa menayangkan program siaran TV apa pun, sepanjang tidak menyalahi UU yang berlaku itu. jadwall tv

Maka dari itulah, ini merupakan surga baru bagi para broadcaster, banyak kelompok kerja produksi ramai-ramai membikin siaran TV versi mereka sendiri. Awalnya video acara iseng, dijual ke stasiun TV, laku, lalu mereka establish. Banyak studio produksi swasta yang memproduksi dan menyuplai TV dengan tayangan siaran TV yang menarik. Mereka bukan orang TV, tapi murni pemilik kamera atau penyewa yang benar benar memproduksi siaran TV.

Kelompok kerja produksi siaran TV merupakan satuan kerja yang akan menangani kerja produksi siaran secara bersama-sama (kolektif) sampai hasil karyanya dinyatakan bisa untuk disiarkan. Satuan kerja produksi terdiri dari orang-orang yang mempunyai profesi dan keahlian yang berbeda namun semuanya mempunyai hanya satu tujuan yaitu tujuan untuk menghasilkan karya yang sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Proses perjalanan produksi memerlukan kerjasama yang benar-benar homogen, karena itu harus mampu menciptakan suatu satuan kerja yang “One Well Coordinated Unit“. Allan Wurtzel dan Stephen R Arker dalam bukunya Television Production (5:1989) membagi Kelompok Kerja Produksi menjadi dua bagian yaitu: Production Staff dan Production Crew.

  • Production Staff (staf produksi) bertanggung jawab pada isi program (program content) dan pengembangan program (development). Production Staff terdiri dari: Producer, Director, Asistant Director, Production Assistant, dll.
  • Production Crew (awak Produksi) bertugas dan bertanggung jawab dalam mengoperasikan peralatan-peralatan teknik. Mereka terdiri dari : Technical Director, Audio Technician, Lighting Director, Scenic Director, Floor Manager (Stage Manager), Camera Operator, Video Technician, Editor, VTR Operator, Telecine Operator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *