Jenis Pakan Ayam Pengganti Dedak

pakan ayam

Ayam memang memiliki pakan yang cenderung sederhana, namun bukan berarti pakan ayam yang Anda berikan kepada ternak anda sembarangan tanpa mengindahkan kandungan yang dimiliki pada setiap komposisinya. Sama layaknya manusia ayam juga membutuhkan makanan yang bernutrisi serta mengandung protein yang tinggi untuk tumbuh kembangnya.

Ayam yang Anda kembangkan tak melulu disuplai dengan jenis makanan dedak, sebab ada jenis pakan ayam pengganti dedak lainnya yang mungkin dapat Anda jadikan referensi sebagai sumber nutrisi lainnya. Bahkan beberapa bahan yang digunakanpun mudah sekali untuk ditemukan dilingkungan sekitar.

Penasaran apa saja macam-macam pakan ayam pengganti dedak yang mampu menjadi alternatif lain? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

pakan ayam

Macam-Macam Pakan Ayam Pengganti Dedak

Yuk simak apa macam-macam pakan ayam pengganti dedak yang penting agar usaha Anda berhasil.

1.Jagung giling

Jenis pakan ayam pengganti dedak yang pertama adalah jagung giling. Tahukah Anda selain dikonsumsi oleh manusia, jagung giling juga dapat menjadi alaternatif makanan bagi ayam. Hal ini berkat kandungan nutrisi, protein, gizi serta vitamin yang terdapat didalamnya. Bahkan jagung giling ini mampu menyumbang lebih dari separuh energi untuk aktivitas dan kesehatannya.

2.Pelet

Pelet memang sering kali digunakan sebagai pakan ikan, namun nyatanya beberapa orang juga memberikan pelet sebagai alternatif makanan lain pengganti dedak. Selain murah dan efisien jenis pakan ayam pengganti dedak ini juga memiliki kandungan nutrsi komplit layaknya pakan-pakan lainnya untuk ayam.

3.Limbah Gandum

Selain tersebut diatas pollard atau yang disebut dengan limbah gandum ini ternyata bisa dimanfaatkan sebagai makanan pengganti dedak untuk hewan ternak ayam. Biasanya pollard ini akan diubah menjadi tepung terlebih dahulu.

Berkat kandungan serat kasar serta kadar protein yang tinggi membuatnya menjadi bahan makanan yang banyak digunakan oleh para peternak untuk mendukung ayam-ayam yang dikembangkannya untuk tumbuh.

Mulai sekarang tak perlu bingung lagi bukan untuk mencari alternatif makanan lain untuk ayam selain dedak? Nah itulah tadi beberapa ulasan terkait jenis pakan ayam pengganti dedak yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini yang semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *