Megahnya Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Di luar kawasan Jogja terdapat banyak sekali objek wisata yang menarik dan indah. Salah satu kawasan yang terkenal dengan objek wisatanya adalah Kabupaten Magelang. Kabupaten ini memiliki objek-objek wisata favorit seperti Candi Borobudur, Rafting Sungai Elo dan Progo, Ketep Pass, serta Air Terjun Kedung Kayang. Destinasi wisata tersebut sangat disukai oleh wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Air Terjun Kedung Kayang merupakan air terjun paling terkenal di Magelang. Lokasinya sekitar 55 Km dari Kota Jogja. Cukup jauh memang tetapi air terjun ini layak untuk didatangi karena keindahan alamnya yang sangat menggagumkan. Kedung Kayang berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Boyolali diantara lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata ini.

Saat tiba di lokasi wisatawan bisa memilih jalur yang mereka inginkan. Jalur pertama adalah turun menuju sungai di bawah air terjun. Di sini pengunjung akan menyaksikan pemadangan air terjun yang gagah mengucurkan airnya dari ketinggian sekitar 40 meter. Efeknya tentu luar biasa dimana cipratan air akan terasa hingga radius beberapa meter. Jika tidak ingin turun terdapat jalur lainnya dimana wisatawan menaiki sungai di atas air terjun. Di tempat ini wisatawan bisa menyaksikan air terjun dari atas yang pastinya cukup mengerikan tetapi juga indah.

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang:

Air Terjun Kedung Kayang berada di Jalan Ketep Pass, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya cukup jauh dari Kota Jogja, diperlukan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk tiba dilokasi ini mengunakan kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang ingin berwisata di tempat ini dapat sewa mobil untuk bisa ke tempat ini. Jika datang dalam jumlah besar bisa sewa bus wisata di Jogja dan menjadikanya paket wisata murah Jogja.

Tiket dan Jam Buka Air Terjun Kedung Kayang:

Kedung Kayang buka setiap hari dan dan tidak ada jam operasionalnya tetapi lebih baik datang saat masih terang agar lebih aman. Tiket masuk kasawan ini Rp. 4.000,- per orang yang mana sangat terjangkau.

Tips Wisata Air Terjun Kedung Kayang:

  1. Gunakan pakaian yang enak dipakai di tempat terbuka.
  2. Pakailah alas kaki yang enak berjalan untuk trekking.
  3. Jangan lupa memotret setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Jangan lupa bawa baju ganti jika ingin basah-basahan.
  5. Jangan merusak fasilitas di kawasan ini.
  6. Jagalah kebersihan kawasan wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *