Perbedaan Qada Dan Qadar Menurut Beberapa Pendapat

Sebagai umat muslim, mengimani semua rukun iman merupakan sebuah kewajiban. Termasuk mengimani rukun iman yang ke enam yakni percaya kepada qada dan qadar harus benar-benar diimani. Namun, meskipun demikian, masih ada sebagian dari umat islam yang masih keliru mengenai qada dan qadar itu sendiri. Padahal keduanya sangat berbeda. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, berikut ini adalah perbedaan qada dan qadar menurut beberapa pendapat yang wajib diketahui.

1. Qada Dan Qadar Menurut Para Ulama

Para ulama sendiri berbeda pendapat mengenai kedua istilah tersebut. Sebagian ulama mengatakan bahwa qadar adalah ketentuan Allah sejak zaman azali atau zaman yang tidak ada awalnya. Sedangkan qadar sendiri merupakan ketetapan Allah terhadap sesuatu pada waktu yang sedang terjadi. Jika Allah menetapkan sesuatu akan terjadi pada waktunya, maka ketentuan tersebut disebut qadar. Sedangkan ketika telah tiba waktu yang ditetapkan tersebut maka disebut qada.

2. Qada Dan Qadar Menurut Prof. Quraish Shihab

Sedangkan menurut Prof. Qurais Shihab sendiri qada merupakan rumusan-rumusan Allah secara global. Seperti setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati. Sedangkan qadar merupakan rumusan-rumusan Allah yang terperinci. Seperti halnya ayam akan mati pada saat makan dan terjadi di depan halaman rumah. Sedangkan qadar pada manusia sendiri tergantung dari pilihan manusia itu sendiri.

romadecade

3. Qada Dan Qadar Menurut Ibn Faris

Menurut Ibn Faris, qadar merupakan akhir atau puncak dari segala sesuatu. Sedangkan qada merupakan kepastian dan hukum, yakni atas apa-apa yang telah ditentukan Allah dari qada dan hukum-hukum itu sendiri dalam berbagai macam perkara.

4. Menurut Ilmu Tauhid

Sedangkan menurut ilmu tauhid, qadar merupakan ketentuan serta ukuran yang ditetapkan oleh Allah bagi segala makhluk-Nya. Sedangkan qada menjelmakan makhluk sesuai dengan ketentuan qadar. romadecade

5. Menurut Sebagian Pendapat Yang Lain

Perbedaan qada dan qadar yang terakhir datang dari sebagian pendapat yang lain, yang mengatakan bahwa yang dimaksud qada dan qadar merupakan kehendak dari Allah yang azali. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan sesuatu dalam bentuk tertentu (qada) kemudian diwujudkan atau direalisasikan kedalam kehidupan nyata yang konkrit sesuai dengan kehendak yang azali (qadar) tersebut.

Itulah beberapa perbedaan qada dan qadar menurut beberapa pendapat. Dengan mengetahui berbagai macam pendapat tersebut, maka sudah bisa dibedakan apa itu qada dan apa itu qadar.

souvenir pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *