Prospeknya Usaha Budidaya Ikan Hias yang Bikin Baper

Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias air ternyata mampu memberikan keuntungan bagi banyak orang yang menekuninya. Selain banyak yang menggemari ikan hias karena keindahannya, banyak pula yang menggantungkan hidupnya dari membudidayakan dan memasarkan ikan hias dengan jenisnya yang bermacam-macam. Tak jarang beberapa petambak ikan yang semula menekuni budidaya ikan konsumsi seperti ikan gurami, ikan nila, lele dan lain sebagainya kemudian beralih menekuni budidaya ikan hias.

Hal itu dilakukan karena potensi ekonomis dan peluang usaha budidaya ikan hias memiliki prospek yang lebih besar dibandingkan dengan ikan konsumsi. Adapun pola pemeliharaan dan pemberian makanan yang hampir sama dengan ikan konsumsi, budidaya ikan hias juga mampu menghasilkan pemasukan yang lebih besar karena harga dari ikan hias lebih mahal. Kuncinya yaitu membudidayakan ikan hias dengan lebih sabar dan giat di dalam memeliharanya.

Budidaya Ikan Hias

Ikan Hias Lebih Menguntungkan

Dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi, pemeliharaan antara keduanya hampir sama, sedangkan masalah penjualan biasanya ikan konsumsi dihargai dengan sistem kiloan. Adapun untuk ikan hias dihargai dengan sistem per ekor, dengan demikian bisnis budidaya ikan konsumsi lebih menekankan kuantitas, sehingga memerlukan lahan yang luas dan sarana yang lebih banyak.

Untuk hasil budidaya Ikan hias lebih menekankan masalah kualitas sehingga pada umumnya dilakukan di lahan sempit dan bisa dilakukan sebagai usaha sampingan. Jika tidak memiliki lahan atau kolam yang luas, budidaya ikan hias bisa juga dilakukan di dalam akuarium atau bak semen yang cukup kecil.

Usaha budidaya ikan hias juga merupakan salah satu usaha yang dapat memberikan alternatif sumber penghasilan untuk meningkatkan pendapatan petani/pengusaha ikan hias. Usaha budidaya ikan hias cukup prospek untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan dalam budidaya ikan hias memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut :

  • Teknologinya mudah diserap dan diterapkan, karena teknologi yang digunakan cukup sederhana
  • Budidaya Ikan Hias dapat diusahakan dalam skala rumah tangga/usaha kecil serta tidak membutuhkan lahan yang luas asal menggunakan bibit ikan hias yang berkualitas.
  • Perputaran modal cepat, sehingga dapat dipanen dalam jangka waktu yang singkat.
  • Budi daya ikan hias air tawar juga mampu menyerap tenaga kerja.
  • Pasar yang menjanjikan baik itu domestik maupun ekspor.

Demikianlah informasi tentang prospek usaha budidaya ikan hias yang semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *