Tokoh Pendidikan di Era Modern

Tokoh Pendidikan di Era Modern – Kita mempunyai tokoh pendidikan seperti Ki Hajar Dewantara dan Budi Oetomo di masa lampau. Perjuangan mereka pada masa prakemerdekaan mempunyai dampak hingga sekarang. Di masa kini, kita juga mempunyai orang-orang yang berkontribusi besar untuk memperbaiki sistem pendidikan yang ada walaupun tidak semua orang mengenalnya. Siapa saja sih sosok pejuang pendidikan masa kini?

Saur Marlina Manurung (Butet Manurung)
Perempuan yang pernah berhasil meraih penghargaan dari UNESCO ini juga pernah dimuat menjadi salah satu pahlawan kontemporer versi Times Magazine dengan gelar Women of Letters pada tahun 2004. Ia menghabiskan masa hidupnya untuk mengajar Suku Anak Dalam, sebuah suku terasing di hulu Sungai Makekkal, Hutan Bukit Duabelas, Jambi, Sumatera Utara. Disana, ia mendirikan sebuah sekolah antropologis yang disebut Sokola Rimba dimana muridnya masih hidup di dalam lingkup adat yang menganggap pendidikan sebagai hal yang tabu.

Yohanes Surya
Lewat wadah Surya Institute yang ia dirikan, fisikawan dan pakar sains ini menciptakan sistem belajar yang bernama GASING (gampang, asyik, dan menyenangkan). Ia menciptakan metode ini agar anak-anak Indonesia tidak menganggap matematika atau sains sebagai hal yang menyeramkan, namun mudah dipahami dan menyenangkan. Selain metode GASING, ia juga mencetuskan konsep Mestakung (Semesta Mendukung), sebuah hukum alam dimana suatu individu akan dapat keluar dari kondisi kritis dengan dukungan alam semesta.

Iman Usman
Iman Usman merupakan tokoh muda pendidikan yang saat ini baru saja berumur 27 tahun. Ia adalah seorang tokoh muda, pengusaha, aktivis sosial, dan aktif berbicara di berbagai forum nasional maupun internasional. Selain menjadi salah satu pendiri Indonesian Future Leaders, sebuah organisasi nirlaba yang fokus pada pemberdayaan pemuda Indonesia. Selain itu ia juga dikenal sebagai duta muda ASEAN. Saat ini ia aktif memimpin perusahaan startup di bidang pendidikan bernama Ruangguru. Perusahaan ini merupakan perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Sampai saat ini, Ruangguru telah mempunyai lebih dari 6 juta pengguna aktif di seluruh Indonesia.

Jumlah pengguna ruangguru terbilang sangat besar, oleh karenanya Iman Usman menyediakan server khusus yang ukuranya besar agar aplikasi yang diciptakanya tidak mengalamai kendala saat di akses. Di ruang server tersebut juga dilengkapi mesin pendingin dengan suhu di bawah 10 derajat untuk menjaga agar server tidak cepat panas.

Tidak cukup sampai disitu, Iman turut memberikan genset Mitsubishi di kantornya, hal ini disebabkan Iman tidak ingin kinerja pegawai menurun akibiat listrik yang sedang bermasalah. Iman memilih merek Mitsubishi sebab harga genset palembang merk Mitsubishi berkapasitas 1200 kva hanya berkisar ratusan juta saja, lebih murah daripada merek lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *